Home » , » 3D Max - Membuat Animasi Gabungan

3D Max - Membuat Animasi Gabungan

Ditulis oleh Aneka Sparepart Pada Tuesday, February 19, 2013 | 3:56:00 PM

Converse Sidoarjo
Selamat sore saudara-saudara sekalian, Dalam hal ini saya akan bahas mengenai contoh pembuatan animasi gabungan antara animasi menggerakan, memutar, dan mengatur skala objek. Gunakan langkah berikut untuk membuat animasi gabungan :

1.  Resetlah semua system animasi dengan cara klik menu File pilih reset ok
2.  Sebagai contoh anda akan menganimasikan objek Teapot. Klik tabulasi Create – pilih kategori Geometri – klik objek Teapot.
3.  Aktifkan viewport Top dan buat objek teapot dengan koordinat sumbu X= -125, Y = 0 dan Z= 0 dengan radius = 40
4.  Pastikan objek teapot dengan menggunakan tombol select and move untuk memilih objek tersebut

Gambar 13. Objek Teapot untuk animasi gabungan

5.   Berikutnya klik tombol auto key untuk memulai membuat animasi
6.   Geser Time slider ke kanan hingga posisi 25/100
7.   Geser Teapot dengan menekan tombol F12 sehingga akan di tampilkan kotak move transform TypeIn. dalam grup Offset : Screen, ketikkan nilai 125 pada kotak sumbu X, dan akhiri dengan enter. Tutup kotak dialog Scale Transform Type-In.
8.  Geser Time Slider kekanan hingga posisi 50/100
9.  Klik tombol select and rotate putar objek teapot dengan acuan koordinat sumbu Z = 360, dengan cara tekan F12 dan akan di tampilkan kotak dialog Rotate Transform Type – In Dalam grup Offset : Screen, ketikan nilai 360 pada kotak sumbu Z dan akhiri dengan Enter tutup kotak dialog Rotate Transform Type-In.
10.   Geser Time Slider kekanan hingga posisi 75/100
11.   Klik tombol select and Uniform scale ubah skala objek teapot, dengan cara tekan F12 dan akan di tampilkan kotak dialog Rotate Transform Type – In Dalam grup Offset : Screen, ketikan nilai 50 pada kotak persentase (%) dan akhiri dengan Enter tutup kotak dialog Rotate Transform Type-In.
12.   Geser Time Slider kekanan hingga posisi 100/100
13.   Klik tombol select and move geser objek teapot dengan acuan koordinat sumbu X = 125 , dengan cara tekan F12 dan akan di tampilkan kotak dialog Rotate Transform Type – In Dalam grup Offset : Screen, ketikan nilai 125 pada sumbu X dan akhiri dengan Enter tutup kotak dialog Rotate Transform Type-In
14.   Klik kembali Tombol Auto Key untuk mematikan proses pembuatan animasi
15.   Aktifkan viewport perspektif klik tombol play animation untuk menjalankan animasi objek bergerak yang baru anda buat
16.   Klik tombol stop animation untuk menghentikan animasi yang sedang berjalan dalam tampilan viewport aktif

Semoga bermanfaat
Salam~
Converse Sidoarjo
Bagikan artikel ini :

0 komentar:

Post a Comment

Bila ada yang dipertanyakan silahkan berkomentar, terima kasih.

Terjemahan

 
Support : Creating Website | Muhammad Ainul Yaqin
Copyright © 2015. Blog Si Yaqin - All Rights Reserved
About Us | Contact Us | Privacy Policy
Proudly powered by Blogger