Home » , » 3D Max - Membuat Animasi Dengan Path

3D Max - Membuat Animasi Dengan Path

Ditulis oleh Aneka Sparepart Pada Wednesday, February 20, 2013 | 5:10:00 AM

Converse Sidoarjo

Selamat pagi, sebelum mimin berangkat wisata ke wali5, ini ada tutorial 3dmax barang kali ada yang membutuhkan :) langsung saja ya.. waktu mimin mepet hehe. cekidot.
Selain membuat animasi menggerakan dan memutar, Anda juga dapat menganimasikan objek berdasarkan sebuah path. Dengan path yang Anda buat, maka gerakan objek akan mengikuti alur yang terbentuk oleh path tersebut. Ikuti contoh berikut untuk membuat animasi objek dengan path :

1. Aktifkan viewport Top dan buat objek Sphere   dengan ketentuan koordinat X = 0, Y = 0, Z = 50, dengan radius = 30,
2. Buat objek path dengan mengklik panel Create   aktifkan kategori objek Shapes  . Dalam rollout objek Type klik Tombol Line.
3. Berikutnya dalam Rollout Creation Methode, pada grup Initial type – klik pilihan Smoth.
4. Buat Objek lintasan pada viewport top dengan titik awal dimulai dari titik letak objek Sphere dan kembali ketempat semula seperti terlihat pada gambar 14 dibawah ini.





Gambar 14. Membuat obyek lintasan dengan line.

5. Aktifkan objek Sphere. Klik tabulasi Motion    buka rollout Assign Controller – klik pilihan position : position XYZ – klik tombol Assign Controller sehingga akan di tampilkan kotak dialog Assign Position Controller – klik pilihan Path Constraint.
6. Buka Rollout Path parameters – klik tombol Add Path – arahkan pointer mouse ke dalam objek viewport Top – klik langsung pada objek line. Secara otomatis objek Sphere akan menempel pada objek Line sehingga objek Sphere akan bergerak mengikuti alur yang terbentuk oleh objek Line.
7. Jalankan animasi dengan mengklik Play   Animation perhatikan hasilnya.

Sekian pebjelasan yang sangat singkat, semoga bermanfaat dan jangan lupa doain mimin semoga berangkat dan pulang dengan selamat tidak kurang satupun :D amiin..
Salam~
Converse Sidoarjo
Bagikan artikel ini :

0 komentar:

Post a Comment

Bila ada yang dipertanyakan silahkan berkomentar, terima kasih.

Terjemahan

 
Support : Creating Website | Muhammad Ainul Yaqin
Copyright © 2015. Blog Si Yaqin - All Rights Reserved
About Us | Contact Us | Privacy Policy
Proudly powered by Blogger