Home » , » 3D Max - Animasi Menggerakan Objek

3D Max - Animasi Menggerakan Objek

Ditulis oleh Aneka Sparepart Pada Monday, February 18, 2013 | 6:30:00 PM

Converse Sidoarjo
Selamat malam, bagaimana kabarnya ? semoga selalu sehat. Maaf jarang posting akhir - akhir ini sibuk dengan tugas sekolah yang sangat menumpuk sampai-sampai jarang pulang (gw bukan bang toyib) haha, bercanda dulur. Langsung saja yaa.. kali ini saya akan memberi sedikit ilmu desain menggunakan 3dmax yang dapat dari sekolah tentang menggerakan objek menggunakan 3dmax. Animasi ini memperagakan pergerakan suatu objek dari satu posisi ke posisi lain berdasarkan sumbu koordinat. Dengan animasi ini , anda dapat menganimasikan pergerakan objek berdasarkan sumbu X, Y, Z atau menggunakan koordinat ketiga sumbu tersebut untuk menggerakan objek. Gunakanlah langkah berikut untuk membuat animasi menggerakkan objek :
1.  Resetlah semua system dengan cara , klik menu File à Reset Ok.
2.  Sebagai contoh kita akan mencoba untuk menganimasikan pergerakan objek sphere. Klik tabulasi Create  à pilih kategori Geometry  à klik objek sphere.
3.  Aktifkan viewport Top dan buat objek Sphere dengan koordinat sumbu X=-160, Y = 0, dan Z= 30 dengan radius =30. perhatikan gambar dibawah ini.





Gambar 7. posisi objek Sphere

4.  Pastikan objek sphere yang baru anda buat dalam kondisi terpilih jika belum, klik objek sphere dengan menggunakan tombol Select and Move untuk memilih objek tersebut
5.  Berikutnya klik tombol auto key untuk memulai membuat animasi . Dalam kondisi aktif, tombol auto key di tampilkan dengan warna merah
6.  Geser Time Slider kekanan hingga posisi 100/100
7.  Geser objek Sphere dengan acuan koordinat sumbu X= 320, dengan cara tekan F12 dan akan di tampilkan kotak dialog move transform Type-In, Dalam Grup Offset : Screen, ketikan nilai 320 pada kotak sumbu X dan akhiri dengan Enter. Tutup kotak dialog Move Transform Type-In. perhatikan Gambar 8 dibawah ini.



Gambar 8. kotak dialog move Transform Type-in

8.   Klik kembali Tombol Auto Key untuk mematikan proses pembuatan animasi
9. Aktifkan viewport perspektif klik tombol play animation untuk menjalankan animasi objek bergerak yang baru anda buat.
10.   Klik tombol stop animation Untuk menghentikan animasi yang sedang berjalan dalam tampilan viewport aktif

Semoga bermanfaat dan sukses selalu.
Salam~
Converse Sidoarjo
Bagikan artikel ini :

1 komentar:

Bila ada yang dipertanyakan silahkan berkomentar, terima kasih.

Terjemahan

 
Support : Creating Website | Muhammad Ainul Yaqin
Copyright © 2015. Blog Si Yaqin - All Rights Reserved
About Us | Contact Us | Privacy Policy
Proudly powered by Blogger