Home » » Cara Merawat Camera Digital Yang Baik Dan Benar

Cara Merawat Camera Digital Yang Baik Dan Benar

Ditulis oleh Aneka Sparepart Pada Monday, April 1, 2013 | 10:41:00 AM

Converse Sidoarjo


9 tips merawat kamera digital yang benar
Berbagai macam produck kamera banyak di tawarkan di pasaran, konsumen pun langsung cepat menangkap semua produk-produk baru yang beredar di pasaran. Kamera memang bukan lagi merupakan barang mewah namun masih banyak masyarakat yang kurang paham cara menggunakanya yang benar, jika ada yang paham cara menggunakanya namun sedikit yang memahami cara merawatnya. Maka dari itu kali ini warta kamu berbagi 9 tips merawat kamera digital yang benar buat Anda semua.

Berikut tips perawatan kamera agar bisa berfungsi dengan baik dan maksimal serta dapat berumur panjang alias awet dan tahan lama.

1.    Hindari kontak langsung dengan sinar matahari.

Jangan sampai kamera Anda terkena sinar matahari langsung dan berlebihan. Sebab panas yang tinggi dapat merusak bagian-bagian kamera yang terbuat dari plastic dan karet serta komponen elektronik yang lainya. 

2.    Jagalah kamera digital Anda agar terhindar dari goncangan yang berlebihan.

Setelah selesai menggunakan, jangan lupa menaruh kamera ke dalam tas khusus untuk kamera. Ini guna untuk menghindari guncangan yang berlebihan dengan lingkungan luar serta benturan dengan peralatan lain.

3.    Bersihkan kamera dan lensa


Bersihkanlah kamera minimal seminggu sekali atau secara teratur dan berkala. Untuk bagian fisik kamera gunakan lap kering yang bersih dan tak kasar. Serta bagian dalam dan elemen-elemen kecilnya, gunakan blower atau peniup yang banyak dijual di took kamera.

4.    Hindari goresan pada lensa.

Sebaiknya lensa mempunyai filter ulir yang terpasang permanent di bagian depanya. Filter yang umum menjadi pelindung adalah jenis filter UV (ultra violet) atau filter skylight. Sedangkan untuk menghindari goresan di bagian belakang lensa usahakan selalu memasang bodycup penutup saat lensa dilepas dari badan kamera.

5.    Hindari Air Laut

Air laut sangat jahat dan penyebab karatmyang potensial terhadap kamera atau perangkat elektronik lainya. Kecuali yang dirancang khusus untuk air laut.

6.    Jangan terlampau sering membersihkan lensa.


Bersihkan bagian dalamnya bila berjamur, karena kaca lensa begitu peka. Semakin sering dibersihkan dapat mengakibatkan mutu gambar menjadi tidak bagus.

7.    Jangan menyimpanya di dalam lemari pakaian.

Menyimpan kamera bersamaan dengan pakaian dapat mengundang jamur yang menempel pada lensa bagian dalam kamera.

8.    Waspadai kapur barus.

Kapur barus merupakan perusak yang paling ampuh terhadap akamera, yang dapat menyeka-nyeka kamera dan bagian lain yang berbahan dasar karet. Pada kamera elektronik , kapur barus dapat merusak jalur pada PCB (Printed Circuit board) yaitu tempat chip-chip kamera terpasang dan beberapa elemen chip itu sendiri. Uap kapur barus juga dapat menodai dan membuat flek pada lensa.

9.    Servis kamera secara berkala dalam kurun waktu tertentu.

Sebaiknya kamera digital di servis ke tempat khusus, terpercaya dan malah lebih bagus yang resmi. Jangan tunggu kamera rusak kemudian baru di servis. Servis yang dimaksud adalah ‘servis besar’ yang meliputi pembersihan bagian dalam kamera, seperti pembersihan lensa dari jamur yang menempel atau juga penyesuaian setelan-setelan utama kamera.

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.



Sumber



Converse Sidoarjo
Bagikan artikel ini :

0 komentar:

Post a Comment

Bila ada yang dipertanyakan silahkan berkomentar, terima kasih.

Terjemahan

 
Support : Creating Website | Muhammad Ainul Yaqin
Copyright © 2015. Blog Si Yaqin - All Rights Reserved
About Us | Contact Us | Privacy Policy
Proudly powered by Blogger