A.
DESKRIPSI JUDUL
Mengembangkan Efek Visual merupakan modul teori dan atau praktikum yang membahas
tentang pengoperasian software efek visual. Modul ini terdiri
dari 3 (tiga) kegiatan belajar. Kegiatan Belajar 1 berisi tentang pengenalan software
efek visual. Kegiatan Belajar 2 berisi tentang dasar-dasar Adobe After
Effects 6.5 dan pada Kegiatan Belajar
3 berisi tentang pengoperasian Adobe After Effects untuk pembuatan efek visual.
Modul
ini merupakan kelanjutan modul SWR.OPR.420.(1).A*. Menyunting
Video.
Setelah menguasai modul ini diharapkan peserta diklat
mampu mengoperasikan dan menggunakan software efek visual untuk
melakukan pembuatan efek visual.
B. Prasyarat
Untuk
menempuh modul ini, peserta diklat dipersyaratkan telah lulus menempuh modul
SWR.OPR.420.(1).A* Menyunting Video .
C. PETUNJUK
PENGGUNAAN MODUL
1.
Petunjuk
bagi Peserta Diklat
Peserta diklat diharapkan dapat berperan aktif dan
berinteraksi dengan sumber belajar yang dapat digunakan, karena itu harus
memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
a. Langkah-langkah belajar yang ditempuh
1) Persiapkan
alat dan bahan !
2) Bacalah
dengan seksama uraian materi pada setiap kegiatan belajar!
3) Cermatilah
langkah langkah kerja pada setiap kegiatan belajar sebelum mengerjakan, bila
belum jelas tanyakan pada instruktur !
4) Kembalikan
semua peralatan praktik yang digunakan!
b. Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan
Guna menunjang keselamatan dan kelancaran tugas/
pekerjaan yang harus dilakukan, maka persiapkanlah seluruh perlengkapan yang
diperlukan, pelajarilah terlebih dahulu
modul ini dan buku-buku yang menunjang.
c. Hasil Pelatihan
Peserta diklat mampu melakukan tugas
pengoperasian software efek visual untuk melakukan pembuatan efek visual sesuai dengan kebutuhan.
2. Peran
Guru
Guru
yang akan mengajarkan modul ini hendaknya mempersiapkan diri sebaik-baiknya
yaitu mencakup aspek strategi pemelajaran, penguasaan materi, pemilihan metode,
alat bantu media pemelajaran dan perangkat evaluasi.
Guru
harus menyiapkan rancangan strategi pemelajaran yang mampu mewujudkan peserta
diklat terlibat aktif dalam proses pencapaian/penguasaan kompetensi yang telah
diprogramkan. Penyusunan rancangan strategi pemelajaran mengacu pada kriteria
unjuk kerja (KUK) pada setiap sub kompetensi yang ada dalam GBPP.
D. Tujuan Akhir
Peserta diklat mampu melakukan tugas
pengoperasian software efek visual dan dapat melakukan efek visual dengan baik.
E. KOMPETENSI
SUB KOMPETENSI
|
KRITERIA
KINERJA
|
LINGKUP
BELAJAR
|
MATERI POKOK PEMELAJARAN
|
||
SIKAP
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
|||
1.
Mempersiapkan
software visual effects
|
§
Software visual
effects telah terinstalasi dan dapat berjalan normal
§
User
manual software visual effects sudah disediakan dan
dipahami
|
§
Pengenalan
software visual effects
|
§
Mengamati
proses aktifasi sistem operasi dan software
visual effects dengan seksama
|
§
Menjelaskan
fungsi software visual effects
|
§
Menyalakan
komputer sesuai dengan Installation
manual dan SOP
§
Menjalankan
software visual effects sesuai prosedur. Contoh: Adobe After Effects,
Discreet Cosbustion, Eyeon Digital Fusion
|
§
Perangkat
komputer sudah dinyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratan sesuai
dengan Installation manual dan SOP yang berlaku.
§
Software visual
effects dijalankan.
|
§
|
||||
2.
Mengenali
menu dan fitur, serta membuat, mem-buka, menyimpan file efek visual
|
§
Objek
gambar statik, menu, dan fitur yang disediakan software visual effects
beserta shortcut-nya dikenali
berdasarkan user manual
§
Fitur
pengelolaan file software visual effects dapat diguna-kan,
seperti: buat/create/ new, simpan/save, buka/ open,
simpan dengan nama lain/ save as.
§
Fasilitas
siap pakai seperti wizard, libraries, atau template pada software visual effects dimanfaatkan untuk
pembuatan file efek visual sederhana
§
Penyimpanan
file efek visual menggunakan berbagai format yang dikenal, seperti: aep, tif,
jpg, mpg,
|
§
Objek
efek visual, menu dan interface software visual effects
§
Fitur
pengelolaan file soft-ware visual effects
§
Fasilitas
wizard, libraries atau wizard
§
Teknik
penyimpanan file efek visual
|
§
Mengenali
objek efek visual, menu dan interface
dengan tepat
§
Mengenali
fitur penge-lolaan file software visual effects dengan tepat
§
Mencermati
fasilitas wizard/libraries/ template efek visual sederhana
§
Mengamati
proses pe-nyimpanan file efek visual dengan seksama
|
§
Mengidentifikasi
objek efek visual, menu dan interface
software visual effects
§
Menjelaskan
tujuan pengelolaan file software visual effects
§
Menjelaskan
manfaat fasilitas wizard/libraries/ template efek visual sederhana
§
Menjelaskan
motif pe-nyimpanan file efek visual dengan berbagai format
|
§
Menggunakan
menu dan interface software visual effects secara tepat
§
Menggunakan
fitur pengelolaan file software visual effects sesuai tujuannya
§
Membuat
efek visual sederhana dengan fasilitas wizard/libraries/ template
§
Menyimpan
file efek visual dengan menggu-nakan format aep, tif, jpg, mpg, avi, mov,
dab.
|
3.
Melakukan
pembuatan efek visual
|
§
Fitur
dan efek-efek visual dikenali, diaplikasikan dan diintegrasikan dalam pem-buatan
video klip sederhana
§
Fitur
dan efek-efek visual dikenali, diaplikasikan dan diintegrasikan dalam pem-buatan
game sederhana
|
§
Teknik
integrasi fitur dan efek-efek visual
|
§
Mencermati
proses pengintegrasian fitur dan efek-efek visual dalam pembuatan video klip
dan game sederhana dengan teliti
|
§
Menjelaskan
tahapan proses pengintegrasian fitur dan efek-efek visual dalam pembuatan
video klip dan game sederhana
|
§
Mengaplikasikan
dan mengintegrasikan fitur dan efek-efek visual dalam pembuatan video klip
sederhana sesuai storyboard
§
Mengaplikasikan
dan mengintegrasikan fitur dan efek-efek visual dalam pembuatan game sederhana
sesuai story-board
|
4.
Mengintegrasikan
efek visul ke dalam multimedia
|
§
File
efek visual dapat diinteg-rasikan (di-import) ke dalam file paket multimedia dengan menggunakan software multimedia
|
§
Teknik
integrasi efek visual ke dalam file paket multi-media
|
§
Mencermati
proses integrasi efek visual ke dalam file paket multimedia dengan teliti
|
§
Menjelaskan
tahapan proses integrasi efek visual ke dalam file paket multimedia
|
§
Mengintegrasikan
efek visual ke dalam file paket multimedia
|
F.
CEK KEMAMPUAN
Isilah cek list (√) seperti pada tabel di bawah ini
dengan sikap jujur dan dapat dipertanggung jawabkan untuk mengetahui kemampuan
awal yang telah dimiliki.
Sub
Kompetensi
|
Pernyataan
|
Saya
dapat Melakukan Pekerjaan ini dengan Kompeten
|
Bila
Jawaban “Ya” Kerjakan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1. Mempersiapkan
software efek visual
|
1.
Mengetahui berbagai macam software efek
visual beserta kekurangan dan
kelebihannya.
|
Tes Formatif 1
|
||
2.
Mampu mempersiapkan dan memahami
fitur-fitur dalam software efek
visual.
|
Tes Formatif 1
|
|||
2. Mengenali
menu dan fitur, serta membuat,
mem-buka, menyimpan file efek visual
|
1.
Mengenali Mengerti fitur-fitur software
efek visual dalam fungsinya untuk pembuatan efek visual.
|
Tes Formatif 2
|
||
3. Melakukan
pembuatan efek visual.
|
1. Mampu
membuat dan Memanfaatkan fasilitas siap pakai dalam software efek
visual untuk pembuatan efek visual.
|
Tes Formatif 3
|
||
2. Mampu
membuat efek visual dengan berbagai
format.
|
Tes Formatif 3
|
|||
4. Mengintegrasikan
efek visual ke dalam multimedia
|
1.
Mampu Mengintegrasikan efek visual
ke dalam multimedia
|
Tes Formatif 4
|
Apabila anda menjawab TIDAK pada
salah satu pernyataan di atas, maka pelajarilah modul ini.
Bab II Pemelajaran
A. Rencana Belajar Siswa
No
|
Jenis Kegiatan
|
Tanggal
|
Tempat
|
Waktu
|
Perubahan
|
Paraf Instruktur
|
1
|
Pre Test
|
Kelas
|
||||
2
|
Mempersiapkan
software After Effects
|
Lab
|
||||
3
|
Mengenali
menu, membuat, membuka dan menyimpan file software
After Effects
|
Lab
|
||||
4
|
Melakukan
pembuatan efek
|
Lab
|
||||
5
|
Mengintegrasikan
efek visual ke dalam multimedia
|
Lab
|
B. KEGIATAN
BELAJAR
1. Kegiatan
Belajar 1 : Mengenal software Efek Visual
a. Tujuan
Pemelajaran
Setelah
melaksanakan kegiatan pemelajaran 1 diharapkan peserta diklat dapat mengenal
berbagai macam software efek visual dengan kekurangan dan
kelebihannya masing-masing.
b. Uraian Materi 1
1) Software Efek Visual
Software
Efek Visual merupakan perangkat lunak yang berguna untuk pembuatan film dan
movie sehingga hasilnya lebih baik dan menarik. Saat ini terdapat berbagai macam software
efek visual yang dikeluarkan oleh vendor
yang berbeda-beda. Setiap software efek visual menawarkan kelebihan dan kehandalannya masing-masing. Software
efek visual terpopuler yang ada saat
ini antara lain: Adobe
After Effects, Digital Fusion, Boris FX dan Combustion.
2) Mengenal
Adobe After Effects
Adobe After Effects adalah salah satu
perangkat lunak untuk keperluan efek visual yang telah menjadi standar dan
paling populer dalam dunia grafis (motion
graphics). After Effects banyak digunakan oleh praktisi periklanan dan
dunia pertelevisian untuk menghasilkan grafis yang menarik.
Software
after effects merupakan software aplikasi yang berjalan dengan
dukungan Operating System dan
menggunakan Graphic User Inteface sebagai
interface atau antarmuka bagi
penggunanya. Adapun perangkat lunak yang digunakan untuk membuat after effects
ini adalah Adobe After Effects.
a) Interface
Pada
saat Adobe After Effect 6.5 dibuka, akan muncul tampilan jendela Adobe After
Effect dengan beberapa jendela dan palette
di dalamnya, yaitu jendela Project, jendela
Toolbox, Palette Info dan Audio,
serta palette Time Controls dan Effects.
0 komentar:
Post a Comment
Bila ada yang dipertanyakan silahkan berkomentar, terima kasih.